♡ Mau Berzakat Fitrah,  Namun Khawatir Lupa Niatnya?… Ini Lafal Niat Terlengkap!!! ♡

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh…
Bismillahirrahmanirrahim…

#Sahabat fillah…
Setiap Muslim yang mampu diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan. Lafal niat untuk diri sendiri, istri, dan anak berbeda-beda. Hapalkan niat ini.


#Sahabat fillah…
Setiap Muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan. Zakat ini dibayarkan dalam bentuk bahan makanan pokok yang setiap hari dikonsumsi.

Zakat tersebut memiliki besaran satu sho’, setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras. Jika terbiasa mengkonsumsi gandum atau bahan pangan pokok lainnya, maka zakat harus dikeluarkan sesuai bahan pokok tersebut.


Zakat fitrah dapat dibayarkan selama bulan Ramadan. Tetapi, terdapat waktu paling afdhal atau utama yaitu setelah terbit fajar hingga sholat Ied di hari Idul Fitri.

Berikut lafal zakat fitrah yang dibaca saat zakat dibayarkan:

Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardlal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala

Zakat Fitrah untuk Istri

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an zaujatii fardlal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta’ala
.”

Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an waladii (sebut nama anaknya) fardlal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta’ala.”

Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an bintii (sebut nama anaknya) fardhal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala.”

Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘annii wa’an jamii’i maa yalzamunii nafaqaatuhum syar’an fardlal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an (sebut nama orangnya) fardlal lillahi ta’aalaa.”

Artinya:
Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas (sebut nama orangnya), fardhu karena Allah Ta’ala.”

Hadaanallahu waiyyakum ajma’in
Wallahu ‘alam bishshawab…

Semoga dapat bermanfaat… ^__^
Salam santun ukhuwah fillah…

*Rita Al-Khansa*


Silahkan komentar disini

