** Untuk Sebuah Pilihan **

image

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh …
Bismillahirrahmanirrahim …

#Sahabat fillah …
Kehidupan ini dalam sebuah pilihan bagi makhluk yang disebut sebagai manusia. Mereka hidup harus mempunyai konsep yang baik serta tepat dalam memilih kehidupannya, pastinya yang terbaik dan cocok untuk dirinya. Mengapa demikian?… Karena manusia harus bisa menghadapi dan menangani masalah yang muncul di masa yang akan datang. Tentunya, pilihan tersebut harus berdasarkan dengan kemampuan manusia itu sendiri. Apakah mereka mampu menghadapi, menangani, dan mencari solusi terbaik, jika menemukan masalah tersebut?… Maka dari itu, pastikan diri kita untuk yakin, berani, dan mempunyai keinginan yang kuat dalam memilih pilihan yang berdasarkan kapasitas kita. Kemudian, dalam menjalankan pilihan, harus diiringi dengan rasa sabar, ikhlas dan tetap semangat dalam menjalani pilihan kita, karena hanya Allah-lah yang paling baik sebagai penentu jalan kehidupan kita.

Memang benar, Allah adalah sebaik-baik penentu, tetapi Allah hanya menentukan apakah pilihan yang kita pilih itu baik atau buruk buat kita dan kitalah yang paling berperan dalam menentukan pilihan kita ketika hidup. Memang, hidup itu tidak semudah apa yang keluar dari ucapan kita, apa yang kita rencanakan di masa mendatang, dan tak semudah apa yang kita bayangkan, tetapi kita harus tetap berusaha, gigih, dan semangat dalam memperjuangkan pilihan kita. Maka dari itu, pilihan yang kita pilih harus setara dengan kemampuan yang kita miliki, begitupun disertai dengan niat yang ikhlas ketika kita menjalaninya. Karena di dalam hidup ini dihadapi berbagai pilihan, maka kita sebagai makhluk sempurna ciptaan Allah harus memegang strategi untuk mengatur kehidupan kita. Seorang motivator terkenal ‘Ipho Santosa’ mengatakan bahwa dalam sebuah kehidupan ada rumus yang berbunyi “ABCD”, apa makna yang dikandungnya?…

#Sahabat fillah …
ABCD” itu merupakan sebuah kepanjangan dari A adalah #Allah, B adalah #Birth, C adalah #Choice, dan D adalah #Death. Apa maksud dari rumus ini?… Penulis menyimpulkan sendiri apa maksud dari rumus tersebut. Mari kita perhatikan sejenak, #Allah adalah #Tuhan atau #Rabb yang mengatur segala sesuatunya yang berhubungan dengan kehidupan manusia dan Allah-lah sebagai Penentu dari segala apa yang telah diusahakan oleh manusia. Nah, #Birth disini yakni #kelahiran dan mempunyai arti sebagai kehidupan manusia. Sebagai manusia, kita harus bersyukur ketika sudah diberikan hidup oleh Sang Pencipta dan harus bisa memilih, tentunya yang sesuai dan baik untuk kehidupan kita. Kemudian, kehidupan tersebut tak boleh disia-siakan dengan pilihan-pilihan yang buruk dan harus ditentukan dengan sebuah pilihan yang menuntun ke arah yang baik di kehidupan yang mendatang. Kemudian, #Choice adalah sebuah #pilihan. Pilihan itu diambil atas dasar kapasitas yang kita miliki sebagai manusia, jikalau kita masih mampu dengan pilihan kita ketika hidup dan berani ambil resiko, ambillah!! Jangan ragu!! serta diiringi dengan keyakinan penuh dengan pilihan itu. Kemudian, yang terakhir adalah #Death yang berarti #kematian.

Sebuah #kematian adalah ujung dari semua permasalahan yang ada di dunia, tetapi kita sebagai manusia pasti dan tentu harus banyak berbuat kebaikan agar kematian kita kelak menjadi husnul khotimah dan kematian ini bukanlah sebagai pilihan melainkan takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Jadi, hidup itu merupakan pilihan yang harus ditempuh dengan usaha, tekad yang kuat, keyakinan dan keberanian terhadap resiko yang akan dihadapi.

Hadaanallahu waiyyakum ajma’in
Wallahu ‘alam bishshawab …

Semoga dapat bermanfaat … ^__^
Salam santun ukhuwah fillah …

Rita Al-Khansa

Sumber:
#Dakwatuna.com

Iklan

Silahkan komentar disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s