~ Sumber Kekuatan Seorang Muslim ~

image

Assallamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh…
BismillahirRahmanirRahim…

#Sahabat fillah…
Firman Allah yang begitu indah dalam (QS. Al Ashr) “bahwa kita sesama muslim harus saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.”

Tulisan ini mungkin bisa menjadi salah satu sarana kita saling mengingatkan dalam kebaikan dan menguatkan kita dalam keimanan pada Allah SWT. In shaa Allah, Aamiin Ya Rabbal’alamin…

#Sahabat fillah…
Sudah menjadi hal yang lumrah saat Allah SWT memberikan ujian kepada kita, hamba-Nya. Ujian yang Allah berikan kepada kita tentulah bukan ujian yang mudah. Allah SWT menguji kita dengan sesuatu yang kita sulit melaluinya. Orang kaya yang diuji dengan hartanya, apakah dengan harta yang banyak mereka masih mau mengingat dan beribadah pada Allah. Fakir miskin yang diuji dengan usaha gigihnya dalam mencari nafkah, apakah mereka melibatkan Allah SWT dalam waktu-waktu sibuk mereka bekerja. Para pelajar yang diuji dengan kesukaran dalam mempelajari materi, apakah mereka bersabar dalam proses tersebut dan menyertai Allah. Bahkan seorang ulama dan da’i yang diuji dengan ilmu yang mereka miliki, apakah mereka merasa terus kekurangan ilmu sehingga menjadikan mereka tawadhu’ atau sebaliknya membuat mereka angkuh dan besar kepala. Setiap orang memilki ujiannya masing-masing. Dengan tingkat dan karakteristik ujian yang bervariasi sesuai dengan ruang lingkup kehidupannya sehari-hari.

Sesungguhnya Allah SWT memberikan ujian-ujian yang sulit untuk hamba-Nya karena Ia ingin agar hamba-hamba-Nya menjadi hamba yang memiliki kualitas keimanan yang kuat. Hamba yang tidak mudah terkalahkan oleh godaan dan nafsu duniawi. Allah pun akan selalu menguji hamba-Nya pada tingkat ujian yang sama. Allah tidak akan mengubah ujian tersebut sebelum sang hamba mampu mengatasinya. Karena sesungguhnya saat sang hamba mampu mengatasi ujian tersebut ia telah berhasil naik satu tingkat ketakwaan di sisi Allah SWT.

Dalam (QS. Ar-Rad) Allah berfirman:

Innallaha laayughoyyiru ma biqowmin hatta yughoyyiru maa bi anfusihim.”

Allah akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum tersebut mau mengubahnya sendiri.”

#Sahabat fillah…
Yang menjadi poin di sini adalah titik permulaan untuk terus berusaha mengatasi ujian-ujian yang Allah berikan, bermula pada diri kita. Ketika kita tidak berkeinginan dan tidak berusaha untuk lulus dari ujian yang Allah berikan, maka bagaimana Allah akan membantu kita. Dalam ayat ini juga dijelaskan bahwa Allah lah yang pada akhirnya menjadi penentu. Saat usaha kita dalam menghadapi ujian yang Allah berikan sudah maksimal, pada akhirnya Allah lah yang memberi kita pertolongan sehingga kita dapat lulus dari ujian tersebut.

#Sahabat fillah…
Sering kali kita lupa, setiap keberhasilan, pencapaian, kesuksesan, baik jabatan, penghargaan, pengaruh semua hal yang kita miliki, tak lain dan tak bukan merupakan pemberian dari Allah SWT atas usaha keras kita. Akan tetapi, dengan sombong dan angkuhnya kita melupakan Allah SWT, saat sudah berada di titik teratas pencapain kita. Kita merasa semua yang kita lakukkan adalah murni hasil usaha kita sendiri. Rasa-rasa seperti itulah yang akan menjauhkan kita dari keberkahan Allah pada setiap apa yang kita kerjakan.

#Saudara/Saudariku yang dirahmati Allah, proses ujian yang diberikan Allah kepada hamba-Nya bervariasi. Terkadang Allah memberikan ujian begitu cepat kepada hamba-Nya. Begitu cepat datang dan begitu cepat selesai. Atau tidak menutup kemungkinan, ujian yang Allah berikan pada kita merupakan ujian yang panjang dan menguras banyak tenaga. Di fase inilah kita dituntut untuk selalu bersabar dan yakin pada Allah SWT. Keyakinan kuat bahwa Allah SWT mengetahui bahwa kita sedang berusaha. Keyakinan yang didukung do’a dan usaha yang terus menerus akan membuat Allah luluh dan semakin sayang pada kita. Sampai pada akhirnya pertolongan Allah pun datang menghampiri kita.

#Sahabat fillah…
#Sumber #utama yang menjadi kekuatan seorang muslim, sejatinya merupakan kualitas hubungan dan kedekatan dengan Allah SWT. Tidak dipungkiri bahwa setiap muslim dituntut untuk selalu produktif dan memberikan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitarnya. Yang terkadang segala aktivitas yang dilakukkan di luar menyita begitu banyak energi dan waktu. Yang diperlukan saat itu adalah menyediakan waktu untuk me-recharge diri. Waktu-waku khusus antara kita dengan Allah. Waktu kita menangisi dosa-dosa yang kita sesali dari kelalaian-kelalaian, dan pancangkan tekad untuk tidak mengulanginya (mengulangi kelalaian-kelalaian dan dosa). Disadari atau tidak, waktu-waktu tersebutlah yang menjadi bahan bakar, pasokan cadang energi terakhir kita dalam menghadapi ujian-ujian kehidupan.

#Sahabat fillah…
#Islam merupakan agama yang rahmatan lil’alamin. Islam mengajarkan pemeluk-pemeluknya untuk selalu berusaha, dan berdoa dalam menghadapi segala tantangan yang ada di dunia. Saat banyak orang frustasi karena gagal naik jabatan, gagal dalam ujian atau semacamnya, Islam mengajari kita untuk selalu berusaha dan berdo’a. Satu lagi kunci yang sangat kuat di dalam ajaran Islam ialah keyakinan. #Keyakinan kita akan keberadaan Allah sebagai Tuhan semesta Alam yang Maha Perkasa, Yang Maha Mengetahui. Keyakinan bahwa Allah melihat setiap kerja-kerja kita, melihat setiap usaha yang kita lakukkan, akan menjadi sumber semangat untuk terus maju dan tidak berhenti berusaha dalam menghadapi ujian kehidupan.

Karena sesungguhnya Allah lah yang menjadi tempat kita bergantung, tempat kita meminta, dan tempat kita melabuhkan semua hasil usaha-usaha yang kita lakukkan. (‘Ud’unii astajiblakum..) “Berdoalah kepada-KU niscaya akan Aku kabulkan.
Janji Allah yang nyata yang termaktub di dalam kitab suci Al-qur’an.

#Sahabat fillah…
#Ujian merupakan fase yang akan selalu kita temui selama kita hidup di dunia, karena ujianlah proses seleksi berlangsung. Akan terlihat hamba yang takwa dan memiliki kekuatan dalam kesabaran, yang akan berhasil melaluinya.

Hadaanallahu waiyyakum ajma’in
Wallahu’alam bishshawab…

Semoga bermanfaat …^_^
Salam santun ukhuwah fillah…

* Rita Al-Khansa *

Sumber:
#Mutia Azizah
#Dakwatuna.com
#Rita Al-Khansa (Editor)

Iklan

Silahkan komentar disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s