•°• Pengertian Hidup Sederhana dan Ciri-cirinya •°•

image

Assallamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh…
BismillahirRahmanirRahim…

Pengertian Hidup Sederhana

#Sahabat fillah…
Hidup sederhana berarti membebaskan segala ikatan yang tidak di perlukan. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan merupakan suatu pilihan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti (Al-Muhasibi, 2006). Memahami pengertian hidup sederhana tidak bisa di maknai secara sederhana, artinya hidup sederhana ini memiliki pengertian yang luas. Jika seseorang memaknai pengertian hidup sederhana secara simple maka terkesan bahwa hidup sederhana itu hidup yang apa adanya. Padahal maksud dari hidup sederhana bukan semacam itu.

Ciri-ciri hidup sederhana

#Sahabat fillah…
Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin atau kikir. Namun hidup sederhana adalah hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang ada. Sederhana lebih menekankan pada aspek gaya hidup bukan pada usaha yang di lakukan seseorang. Artinya usaha untuk mencapai kesuksesan tidak bolah sederhaha, tapi harus semaksimal mungkin di lakukan. Hal ini mengisyaratkan bahwa hidup sederhana adalah menggunakan hasil yang sudah di upayakan secara maksimal dengan sederhana sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Berikut adalah ciri-ciri hidup sederhana

#Sahabat fillah…
Hidup yang wajar, hidup sederhana adalah hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang di miliki. #Wajar di sini juga mempunyai arti mampu menggunakan harta sesuai kebutuhan yang ada, tidak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. #Cerdas. Mampu menggunakan harta dengan pertimbangan yang matang, tidak hanya berorientasi pada masa sekarang, tapi juga punya orientasi pada masa yang akan datang. Selain itu juga mampu mempertimbangkan manfaat atas barang yang di beli dan semua perilaku yang di lakukan Tidak menjadikan keinginan menjadi kebutuhan. Setiap orang pasti tidak akan pernah lepas dari keinginan-keinginan, dalam hidup sederhana seseorang harus mampu mengelola keinginan secara baik, jangan sampai setiap keinginan di jadikan kebutuhan yang harus di penuhi.

Cara Berpeliku Hidup Sederhana

#Sahabat fillah…
Di awal tadi saya sudah sedikit menjelaskan bahwa sederhana itu terkait dengan gaya hidup bukan pada usaha yang di lakukan. Untuk itu cara berperilaku hidup sederhana adalah bagaimana seseorang menggunakan harta yang di miliki untuk mencukupi segala kebutuhan yang ada secara cerdas. Berikut adalah cara hidup sederhana

** Punya skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan

#Sahabat fillah…
Usahakan kita memiliki skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Pahami benar apa yang menjadi kebutuhan pokok. Inilah skala prioritas utama kita, kebutuhan pokok ini meliputi, sandang, pangan , papan, pendidikan dan pengembangan diri.

** Tetap bekerja keras dan berusaha

#Sahabat fillah…
Di awal tadi di jelaskan hidup sederhana bukanlah hidup miskin, artinya kita tetap harus melakukan usaha secara sungguh-sungguh untuk memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik dan sejahtera. Baru jika kita mendapatkan hasil dari apa yang sudah kita usahakan kita mampu menggunakan hasil itu secara sederhana, tidak bermewah-mewahan atau membelanjakan uang secara berlebihan.

Demikianlah beberapa hal yang harus kita pahami tentang hidup sederhana. Tetap semangat, tetap berusaha semaksimal mungkin, serta menggunakan hasil tersebut secara baik sesuai dengan kebutuhan yang ada itulah makna sederhana, menurut persepsi saya… 🙂
Kurang dan lebihnya saya mohon maaf !!…

Hadaanallahu waiyyakum ajma’in
Wallahu’alam bishshawab…

Semoga bermanfaat …^_^
Salam santun ukhuwah …

  • Rita Al-Khansa *

Sumber:
#Cafemotivasi.com
#Rita Al-Khansa (Editor)

One Comment Add yours

  1. rita berkata:

    terimakasih 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan komentar disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s