Teman duduk terbaik

TEMAN DUDUK TERBAIK

Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku.
Bisa jadi, duduk adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan manusia— baik untuk kegiatan yang serius maupun santai. Misalnya duduk di kelas saat belajar, duduk di meja kerja, rapat, sidang, atau meja perundingan. Dalam situasi santai, kita sering duduk ngobrol dengan teman, nongkrong (bagi yang suka nongkrong), menonton televisi, dan lain sebagainya.

Namun, tak banyak yang bisa mencari teman duduk yang baik dan mendatangkan manfaat bagi dirinya. Bahkan duduk terkadang menjadi aktivitas yang sia-sia dan mendatangkan mudarat. Karena itu, tepatlah sebuah ungkapan mahfuzhat mengatakan, “Khairu jalisin fii zamaani kitaabun”. Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku.

Buku merupakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, kita akan mendapatkan berbagai informasi penting yang bermanfaat — baik itu dibidang kesehatan, ekonomi, politik, usaha, agama, sains, dan lain sebagainya. Dari situlah peradaban umat manusia mulai berkembang. Bahkan, informasi dan ilmu pengetahuan ini bisa menjadi sebuah kekuatan (power) yang tak tertandingi.

Ada pepatah mengatakan, “Buku adalah jendela dunia.” Artinya: kita bisa berkeliling dunia tanpa harus mengeluarkan dana, waktu, dan tenaga untuk bisa mengetahui seluruh dunia dan isinya. Cukup hanya dengan duduk membaca buku, kita bisa berada di negeri manapun yang kita kehendaki.

Buku ibarat teman yang bisa menemani kita di setiap waktu-waktu luang kita. Maka marilah kita jadikan buku sebagai teman terbaik dalam menemani setiap waktu luang yang kita miliki agar wawasan dan keilmuan kita bertambah. Jangan sampai memanfaatkan waktu luang kita untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak berguna.

Sebagai teman yang terbaik, maka kita tidak boleh menyia-siakannya, tergeletak begitu saja di atas meja atau teronggok bercampur debu di perpustakaan, tetapi kita harus berinteraksi dengannya. Bagaiman caranya? Dengan membacanya tentunya. Layaknya seorang teman, kita bisa bertanya, berbicara, meminta nasehat, dan seterusnya. Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat darinya.

Penelitian terbaru dari Oxford University membuktikan, manfaat membaca tidak hanya untuk intelektual kita. Membaca sangat baik untuk kesehatan kita secara menyeluruh — baik fisik maupun mental.

Menurut profesor John Stein, salah satu peneliti, membaca ternyata bukan sekedar aktivitas pasif dalam mengikuti plot, melainkan suatu kerja keras dalam berimajinasi. Saat membaca novel misalnya, kita akan berempati pada tokoh-tokoh dalam novel dan ikut jatuh bangun bersama mereka.

Peneliti juga menambahkan, membaca selama enam menit saja bisa mengurangi kadar stress hingga dua pertiganya. Fakta tersebut menunjukkan, membaca bacaan ringan mampu membantu kita mengatasi stress lebih baik daripada dengan berjalan-jalan atau mendengarkan musik.

Selain itu, membaca buku dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dengan membaca, perbendaharaan kata yang semakin banyak. Tentu, ini akan membantu anak lebih mudah dalam berkomunikasi. Secara perlahan, susunan yang baik dalam berbicara pun akan berpengaruh pada cara mereka berkomunikasi. Mereka akan lebih percaya diri dalam berucap karena kaya dengan berbagai kata dan kalimat.

Bahkan ketika ayah-bunda membacakan buku ke anak, sebaiknya dengan volume suara yang dapat didengar baik oleh mereka (read a loud). Karena dengan intonasi suara, secara tidak langsung ayah-bunda mengajarkan banyak keterampilan dalam berkomunikasi — termasuk di dalamnya bagaimana cara berbicara, mendengarkan, dan membaca yang baik.

Untuk itu, marilah kita jadikan waktu-waktu luang kita untuk membaca buku agar kita dapat merasakan manfaat dari aktivitas membaca. Semoga kita termasuk orang yang suka membaca, karena membaca merupakan salah satu perintah pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW, yakni iqra’ (bacalah).

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat…^_^
Subhanakallahumma wabihamdika asyhaduallaa illaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik…

Sumber: Ustadz Prayitno (Guru KMI Gontor)

Iklan

Silahkan komentar disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s